13 Mar 2012

Among-Inong-AnakPanggoaran-Pahompu

Bersama-Opung-Doli
"damang-dainang" itu sebutan "bapak-ibu" bagi orang batak, anak panggoaran adalah sebutan buat anak pertama saya sedangkan "pahompu" adalah cucunya among-inong ku, jadi anak panggoaranku pun memanggil "opung atau kakek/nenek sama among-inongku. "iel" begitulah kami memanggilanya, sianak panggoranku bertumbuh sebagaimana layaknya anak bayi, proses pertumbuhannya sedikit berbeda dengan bayi seusianya. Terkadang terlalu atraktif dengan pertumbuhan motoriknya yang cepat dan yang menjadi ciri khasnya adalah kemampuan dia untuk selalu senyum pada siapapun yang dia lihat.
Selama ini iel hanya tahu kalau opungnya jauh dinegri sebrang dan setelah umur 11 bulan barulah iel mengenal opungnya. Walau tidak begitu paham apa itu opung, tetapi begitu bertemu pertama kalinya sepertinya dia tahu kalau diantara mereka ada ikatan batin dan iel pun langsung mau digendong sama opungnya. Selama ini kami orang tuanya belum pernah mengenalkan "uang" sama iel..tapi begitu pertama kali bertemu opungnya ekspressi kegembiraan wajahnya berbeda dari biasanya ketika ditawarin "uang kertas 50 ribuan" biasanya setiap benda yang dipegang akan dimasukkan dalam mulutnya tapi kali ini seakan dia tahu kalau benda yang dikasikan opungnya adalah uang berharga, uang dipegang begitu ketat dan akan dilepas ketika dia sudah mulai bosan.

Bersama-Opung-Boru

Beberapa hari bersama opungnya, pemberian uangpun menjadi satu tradisi ketika opungnya merasa senang dengan cucunya : 100 ribu, 20 ribu, 20 ribu. Saya tidak begitu paham apakah ini karena mereka jarang bertemu atau mungkin opungnya terlalu senang karena ini adalah cucu laki-laki?
oia..sebenarnya opungnya ke Jakarta dalam rangka pengobatan tetapi sejak bertemu dengan iel seakan akan penyakitnya hilang sekejap hahahaha mungkin penyakit semacam ini termasuk kategori penyakit psikologis tingkat tinggi.  
Iel membawa kebahagiaan tersendiri buat orang-orang disekitarnya termasuk memberikan semangat baru bagi opungnya untuk cepat pulih dari sakitnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar