16 Mar 2012

Haruskah TKA??

ini kedua kalinya saya disodori memo "untuk mereview perpanjangan kontrak kerja TKA alias tenaga kerja asing". Ehm..terus terang untuk pekerjaan yang satu ini saya selalu tidak bersemangat alias "dilematis". Bukan saya anti sama bule tetapi saya hanya berpikir untuk posisi yang satu ini tidak seharusnya dihandle oleh orang bule. Saya tahu sendiri "dalam komunitas yang saya ikuti" banyak kandidat yang punya potensi sangat bagus untuk posisi ini, belum lagi dibeberapa komunitas project control yang lain. Suka tidak suka saya harus tetap menorehkan rekomendasi dalam memo ini, bagaimanapun saya harus tetap pada prinsip dan kaidah yang sebenarnya mencoba berkata "ya" kalau memang harus "iya" dan harus berani berkata "tidak" kalau memang itu "tidak". Bertualang dalam dunia proyek khususnya komunitas project control membuat saya banyak belajar tentang proyek tanpa batas. Saat masuk dalam komunitas sebut saja : milist group, bbm group dan beberapa media sosial online lainya maka sharing pengetahuan tentang semua proyek pun begitu mudah tanpa dibatasi oleh perbedaan latar belakang. Setiap orang senang berbagi dan dibagi, setiap orang punya pengalamanan yang berbeda satu dengan lainya, setiap orang punya keahlian yang unik, sehingga saat sangat setuju kalau "engineer-engineer kita juga mempunyai keahlian yang tidak kalah jauh dari exspatriat" berbicara dari sisi cost..tentu bukan rahasia umum kalau cost engineer exspatriat sangat jauh bedanya dengan engineer lokal untuk tanggung jawab pekerjaan yang sama. So..."kenapa harus pakai TKA untuk posisi yang sangat memungkinkan diisi oleh TKI?" saya tidak punya analisa yang kuat untuk hal ini, yang saya tahu sering kali kebijakan pemerintah tidak berpihak pada kesejahteraan engineer lokal, so..jangan heran kalau engineer-engineer lokalpun tidak sedikit yang hijrah ke negri seberang dan sangat betah mencari rejeki disana bukan karena nilai duit yang didapat tapi faktor penghargaan dan pengakuan kemampuan dinegri seberang lebih tinggi dari dinegri sendiri.
Kalau begitu sampai kapan kah kita tergantung sama TKA? atau memang sampai dunia kiamat kita tetap mengandalkan TKA sekalipun itu untuk menghandle pekerjaan yang tidak membutuhkan keahlian khusus?.
*berpikir..merenung..dan menyelesaikan memo review*
maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar